Selasa, 18 September 2012

Kerusakan-Kerusakan Tablet



1.      Binding adalah kerusakan tablet akibat massa yang akan dicetak melekat pada dinding ruang cetakan.

2.      Sticking/picking adalah perlekatan yang terjadipada punch atas dan bawah karena permukaan punch tidaklicin, pencetak masih ada lemaknya, zat licinnya kurang, ataumassanya basah.

3.      Wishkering terjadi karena pencetak tidak pasdengan ruang cetakan sehingga terjadi pelelehan zat aktif saatpencetakan pada tekanan tinggi. Akibatnya, pada penyimpanan dalam botol, sisi tablet yang berlebih akan lepas dan menghasilkan serbuk.
           
4.      Splitting adalah lepasnya lapisan tipis dari permukaan tablet terutama pada bagian tengah

5.      capping adalah membelahnya tablet di bagian atas.
                         

6.      Mottling terjadi karena zat warna tersebut tidakmerata pada permukaan tablet.
           

7.      Crumbling adalah tablet menjadi retak dan rapuh.Penyebabnya adalah kurangnya tekanan pada pencetakantablet dan kurangnya zat pengikat.
                       
Binding pada dieIni terjadi ketika pelepasan dari tablet sulit dan sering diikutibunyi rebut/menderik yang karakteristik; tepi tablet tergores ataukasar. Masalah ini terjadi dari beberapa kondisi di manaperlekatan yang kurang pada dinding die yaitu penggesekan,lubrikannya kurang baik, granul yang lembab, dan die yanh kotor dan cacat. Lubrikan yang kurang baik termasuk campuran yangtidak efisien dari lubrikan dengan granul. Sama halnya dengankesalahan kuantitas dan pemilihan pembantu. Sebab lain darimasalah ini adalah terlalu besarnya jarak antara punch yangrendah dan lubang die sebagai akibat pemakaian yangberlebihan. Serbuk halus meresap ke bawah melalui celah danpadat untuk membentuk lapisan yang kuat yang mengurangigesekan pada punch.2.Picking dan stickingDi sini masalah ini terjadi oleh gaya adhesi oleh bahan obatterhadap permukaan punch. Jika terlokalisasi, sebagian daripermukaan tablet tampak menghilang, hal ini disebut picking.Tablet memiliki permukaan yang kasar dan tidak mengkilap
 
ketika sticking terjadi akibat adhesi dari tablet terhadap seluruhpermukaan punch. Pada kasus lain, jika tidak dinyatakan lain,kecacatan semakin buruk dan sebuah lapisan pada granul padatterkumpul pada permukaan punch.3.Capping dan laminasiMasalah ini biasanya meninggalkan bekas akibatketidaksempurnaan perpindahan udara dari granul pada ronggadie sebelum dan selama pengempaan. Udara yangterperangkap bercampur dengan ikatan granul. Ketikapengembangan berikutnya pada pelepasan melepaskan bagianatau “cap” dari tablet. Pada kasus, ini tablet terbagi menjadibeberapa lapisan, serbuk yang sangat banyak talk secara baikatau granul yang terlalu kering atau terlalu kecilnya lubang padapunch/die, menghilangnya semua udara sisa dalam rongga diedan mungkin menyebabkan capping/laminating.
4.
Variasi bobotMasalah ini berhubungan dengan aliran granul yang buruk danpemisahan bahan pokok granul. Granul yang terlalu kering,terlalu besar, terlalu halus atau mengandung bagian besar dariserbuk-serbuk halus, terlubrikasi secara tidak sempurna ataumencakup unsur yang memiliki berat jenis atau ukuran yangsangat berbeda semuanya dapat merupakan penyebab yang
 
mungkin menghasilkan variasi berat yang banyak. Jikakesalahan ini terjadi karena putaran dan aliran granul yang tidakmemuaskan, cukup baik mengingat kemungkinan satu atau lebihpunch, berbeda panjangnya antara kedua contoh campuranyang tidak merata pada bagian bawah punch. Kadang granuldiproduksi pada saat proses dan banyak tablet seragam danpenampilan mungkin diperoleh karena lambatnya kecepatanmesin, ini memakan waktu untuk mengisi kapasitas die.5.MottlingDikarenakan jika penyalutan ukuran granul, partikel lebihmemberikan dasar warna yang berbeda yang menunjukkanbertambah granul pada permukaan tablet.
6.
Tablet rapuhDisebabkan karena kurangnya tekanan dalam menekan tablet.Masalah ini dikarenakan granul kurang kering dengan baik ataualiran granul yang buruk (dapat menyebabkan capping) ataukelebihan jumlah dari lubrikan lemak seperti Mg-stearat.7.Penghancur Dalam hal ini tablet secara rapat patah membentuk partikelbesar yang bertahan unutk waktu yang lama atau partikel serbukhalus dibuat, tapi secara keseluruhan waktu hancur sangat lama.Kesalahan ini diatasi dengan :
 
a.Zat penggranulasi yang adhesive harus sangan kuat.b.Tindakan yang efisien dari penggunaan zat penghancur yangsalah tipenya atau kurangnya lubrikan.8.KetidakstabilanKeutamaan dari air-dry drugs dan tambahan tablet yangmengandung air dan hal ini juga ditambahkan dan mungkin tidakdapat dipindahkan secara sempurna dalam proses pelembabangranul kelembaban harus dikontrol tidak semata-mata untukalasan teknik yang berhubungan dengan proses fisika padaproduksi tablet tapi juga untuk menjamin kestabilan obat.9.Variasi kandungan bahan obatStandar akan secara pasti diatur unutk kandungan tablettunggal. Jika kandungan menunjukkan variasi yang sangat besar dan factor tersebut mengakibatkan variasi bobot yang dapatdihilangkan sebagai suatu penyebab sumber masalah yangpaling sering terjadi adalah perpindahan pelarut absorpsi fisikadengan pemisahan pada beberapa tiap dalam proses produksidan pencampuran.Kerusakan-kerusakan pada tablet (15 ; 188 – 190)1.Binding
 
Binding pada dies atau kesulitan pengeluaran biasanya menujupada kekurangan atau kurangnya lubrikan. Binding merupakanperlawanan dari tablet untuk keluar dari dinding dies.Cara mengatasinya :a.Meningkatkan lubrikab.Menggunakan suatu lubrikan yang lebih efisien.c.Merubah distribusi dari pelicin dengan penyaringan melaluipengayak mesh 30 dan pencampuran dengan bagian yangbagian dari penyaringan.d.Mengurangi ukuran dari granul.e.Merubah penguapan dari granulasi.f.Menggunakan dies yang telah dilicinkan.g.Mengempa dengan temperature/kelembapan yang rendah.h.Sticking dan picking2.Sticking biasanya terjadi pada pengeringan yang kurang baikdari granulasi menyebabkan permukaan tablet menempel padapermukaan punch. Hasilnya permukaan tablet tidak mengkilap(tergores atau bintik) keadaan ini biasanya menjadi buruk.3.Picking adalah suatu bentuk dari sticking di mana sebagian kecildari granulasi menempel pada permukaan punch dan bertambahpada pelapisan membentuk suatu rongga/lubang padapermukaan tablet.
 
4.Filming adalah bentuk lanjut dari picking dan meningkat dengankenaikan kelembapan pada granul. Hal ini terjadi karenatemperature tinggi dan kurangnya pelumas pada permukaanpunch yang digunakan.Hal ini dapat diatas dengan :
-
Mengurangi kelembapan granulasi
-
Mengganti/mengurangi lubrikan
-
Menambahkan suatu penyerap (seperti aerosol silica,aluminium hidroksida, makrokristal selulosa)
-
Melicinkan/mengkilapkan permukaan punch
-
Membersihkan dan membalut/menutupi permukaan-permukaan dengan minyak mineral dan viskositas rendah.5.Capping dan LaminatingCapping terjadi pada saat bagian atas tablet dari bagian utamatablet dan menjadi penutup. Ini biasanya terjadi pada udaragranulasi yang terperangkap pada cetakan selama pengempaandan kemudian mengembang saat tekanan ditiadakan.Laminating dapat terjadi karena hal yang sama pada capping jika tablet retak dan menjadi 2 bagian. Jika laminating terjadihanya pada daerah tertentu maka biasanya disebabkan karenakurangnya bahan lubrikan. Berikut dapat dilakukan untukmengatasi capping dan laminating :



3 komentar:

  1. tolong dong contoh gambarnya sisipin

    BalasHapus
  2. mantap jiwa gan, makasih banyak sudahs hare solder uap

    BalasHapus
  3. Best online casino in the UK for beginners - The worrione
    keyword 바카라 baccarat 인카지노 online domain 제왕 카지노 worrione.com

    BalasHapus